Entri Populer

Selasa, 08 November 2016

Catatan anak SD

Aku pernah cabut sekolah gara-gara gak ngerjain Pr.
Aku masih inget waktu itu aku Nangis pagi-pagi dirumahh gara-gara Pr ku belum siap.
Aku takut dimarahin kalau gak mau pergi kesekolah.
dan kalau ke sekolah ku takut dihukum guru karna Pr nya belum siap.
Kebetulan untuk guru yang satu ini terkenal galak dan agak clepto.

dari rumah aku udah berpakaian rapi seperti biasa.
Pamit sama mama seperti biasa.
dan aku selalu berangkat berdua sama saudara sepupuku Rani.
Kebetulan kami satu kelas dan seumuran.

sampai persimpangan kira-kira sepuluh  meter lagi, deket gerbang.
 aku berhenti dan bilang sama rani kalau kebelet eek dan mau pulang.
Itu alasan klasik anak SD.
tapi rani malah nawarin buat nemenin aku pulang.
aku tanya apa rani udah siap PR nya. dan dia bilang udah tapi belum semuanya.
Karna rani yang terkenal pintar aja enggak bisa nyelesaikan soalnya. Gimana aku.
Akhirnya karna takut dipermalukan guru klepto.
Aku sama ranipun mutusin buat Cabut. alias gak masuk sekolah.
Kamipun jalan-jalan berpetualang keliling komplek.
Kita menunggu jam pulang sekolah sambil rasa was-was bakal nyasar karna gak tau jalan pulang.
Berharap gak kepergok siapapun kalau hari itu kita cabut sekolah.

--
waktu berlalu dan kini aku sudah tak lagi SD.
Kenyataan lucu saat ini kalau aku inget hari itu. Bagaimana seorang anak Sd bisa cabut sekolah.
Adalah hal yang luar biasa buatku.

Akupun berniat untuk tidak lagi cabut sekolah. Niat itu selalu ada.

Hingga aku mutusin mendaftar SMP di sekolah yang jaraknya tak terlalu jauh dari rumah.
kalau ledekannya aku sering nyanyi. sekolahku memang dekat, 5 langkah dari rumah.
Jangankan mau cabut, pengen eek aja tinggal pulang. :D

Jadi boro-boro buat bolos. Kalau ijin buat gak masuk aja aku harus ketahuan orang satu rumah.
Jadi otomatis SMP aku sama sekali gak pernah bolos. TEladan..

Dan lanjut lagi ketika SMA, dimana aku juga pernah cabut sekolah tanpa ketahuan.
Tapi gak sering kok. dalam jangka waktu 3tahun aku cuma bolos tak kurang dari hitungan jari.
dan itu -hampir- selalu dengan orang yang sama. yang pertama si Sulaiman (sule), Widia dan Tari.

Ah, sudah dulu ya Nostalgilanya..