Entri Populer

Selasa, 18 Oktober 2016

Wasiat Rasulullah Saw, sebelum Meninggal dunia

Salah satu hal yang diwasiatkan  Rasulullah Saw. Pada saat-saat terakhir akan wafat, yakni kala Rasulullah Saw. Hendak menghembuskan nafas terakhirnya, sehingga ucapannya terdengar kurang jelas dan samar-samar. Beliau berpesan :
“Jagalah  salat..  Salat! Begitupun hamba sahayamu. Janganlah kalian membebani mereka diluar kemampuan mereka. Takutlah kepada Allah, takutlah kepada Allah dalam urusan  Wanita, karena mereka adalah seperti tawanan pada kekuasaanmu. Kamu semua menguasai mereka dengan amanat Allah, dan kalian menghalalkan farji mereka dengan kalimat Allah.”

Allah Swt. Berfirman dalam surat Thaha agar memerintahkan salat lima waktu kepada keluarga serumah dan pada sanak kerabat :
Yang  Artinya : “Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan salat (Qs. Thaha:132)
Diriwayatkan dari Nabi Saw,. Bahwa beliau bersabda, Yang Artinya :
“Tak seorangpun yang menghadap Allah dengan membawa dosa yang lebih besar daripada kebodohan keluarganya”


Dalam kitab Al-Jawahir karya Imam Abu Laits As-Samarqandi bahwa yang pertama kali membebani seseorang pada hari kiamat adalah istri dan anak-anaknya. Mereka berkata, “Wahai Tuhan kami ! Ambillah hak kami dari orang ini, Karena dia tidak mengajarkan urusan agama kepada kami. Dia memberi makan kami dari yang haram, Sedangkan kami tidak mengetahui.”
Orang itu lalu disiksa, karena usahanya yang haram, sehingga seluruh daging tubuhnya terkelupas, dan akhirnya diseret ke Neraka.