Entri Populer

Minggu, 15 November 2015

Apa itu ISIS ?

ISIS dalam bahasa arab disebut Daulah Islamiyyah fie Iraq wa Syam (دوله الاسلاميةفي العراق والشام) dalam bahasa inggris disebut dalam beberapa istilah ,diataranya  Islamic State in Iraq and the Levant (ISIL),Islamic State in Iraq and Syria (ISIS), dan ada juga yang menyebutnya Islamic State in Iraq and al-Shām (juga disingkat ISIS). Di Indonesia diterjemahkan sebagai Negara Islam Irak dan Suriah.
Saat ini ISIS telah menguasai sebagian wilayah di Irak dan Suriah yaitu seluas 400.00 Km persegi.

Negara ISIS dideklarasikan oleh Abu Bakar al-Baghdady pada tanggal 9 April 2013. Namun proklamasi kemerdekaan ini masih bersifat sepihak, karna Pemerintah Suriah dan Irak belum mengakuinya. Begitu pula Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang belum mengakui kedaulatan Negara ini.

Dikutip dari wikipedia.org bahwa Sejarah berdirinya ISIS dimulai dari gejolak yang terjadi di IRAK dan SURIAH pada tanggal 23 Maret 2013 ketika Pasukan Multinasional pimpinan Amerika Serikat menyerang Irak karena dianggap membuat senjata pemusnah masal (meski akhirnya tidak terbukti).

Selanjutnya terjadi penyerangan dari pasukan koalisi Amerika dan mengalahkan pasukan Irak yang saat itu dipimpin oleh Sadam Hussein. Rakyat Irak terhimpun dalam kelompok-kelompok melakukan gerakan gerilya untuk mempertahankan negeri mereka.

Dua tahun berikutnya, tepatnya tanggal 15 Agustus 2005, kelompok pejuang ini mempersatukan diri dan membentuk Majelis Syura Mujahidin. Berawal dari Majelis Syura Mujahidin inilah akhirnya dideklarasikan Negara Islam Irak pada tanggal 13 Oktober 2006, dan mengangkat Abu Umar al-Baghdady sebagai emir atau pemimpinnya. Abu Umar kemudian meninggal dalam pertempuran, dan posisi emir digantikan oleh Abu Bakar al-Baghdady sejak 15 Mei 2010. Sejak saat itulah ISIS mulai berkembang hingga seperti sekarang ini.

===
ISIS sedang booming di kalangan masyarakat Indonesia karena maraknya isu-isu yang beredar di Media.

Jadilah masyarakat dan penikmat media masa yang cerdas!.

Sekian sedikit ulasan singkat mengenai ISIS (Islamic State in Iraq and Syria) di Asoka-Site. Segala kebenaran hanyalah milik Allah Yang Maha Mengetahui. Semoga kita yang hidup di dunia ini diberikan petunjuk serta hidayahnya dari apa-apa yang belum kita ketahui serta dijauhkan dari godaan syetan yang terkutuk.
 ##