Entri Populer

Senin, 14 Juli 2014

7 Tips Liburan hemat dan murah


Rencana liburan bersama keluarga tidak harus gagal hanya karena masalah dana yang terbatas.

Sebentar lagi liburan panjang akan datang. Tidak heran jika kita mulai merencanakan liburan kesuatu tempat bersama dengan keluarga. Tapi , tentunya anda harus mempersiapkan dana khusus ditengah pengeluaran yang tergolong tinggi di musim libur panjang ini.

Hal ini bukan berarti menjadi penghambat bagi kita untuk tidak jadi liburan. Berikut, saya akan memberi solusi, bagaimana mensiasati liburan yang hemat bersama informasi tempatnya.

1. buat rencana
Buat rencana sejak awal kemana anda akan pergi berlibur.  Di dalam atau diluar kota. Jika liburan di luar kota tentunya akan membutuhkan dana yang lebih besar. Jadi, buatlah daftar tempat yang ingin dituju, harga tiket masuk, bagaimana transportasinya, apakah dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

2. tempat menginap
Jangan lupa memikirkan tempat dimana keluarga anda akan beristirahat. Jika keluar kota, carilah sanak keluarga yang ada di tempat tersebut. Selain bersilaturahmi, kitapun dapat menghemat biaya untuk menginap. Tapi jika tidak ada sanak saudara di daerah tersebut. Carilah tempat penginapan yang nyaman, dan tidak terlalu mahal.

3. disiplin menabung
Bila sudah merencanakan berlibur, mulailah menyisihkan sedikit uang anda setiap bulannya. Usahakan saat beribur, anda dapat mengatur keuangan sehemat mungkin.
 
4.membawa makanan dan minuman
Siasati liburan kita dengan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Dengan demikian kita dapat menghemat pengeluaran untuk membeli  makanan dan minuman di tempat liburan yang harganya lebih mahal.
Bawa juga makanan ringan seperti camilan, untuk dinikmati selama perjalanan.

5.obat-obatan
Jangan lupa untuk membawa obat yang biasa kita konsumsi saat sakit. Terutama bila ada anggota keluarga yang kondisi fisiknya kurang fit.

6.dana lebih
Meski ingin mensiasati liburan hemat, jangan lupa untuk membawa uang lebih. Untuk keperluan yang tidak terduga.

7.alternatif liburan
Bila rencana liburan yang telah dibuat terpaksa batal. Maka carilah tempat liburan yang ada di dalam kota. Nikmatilah liburan anda di tempat yang indah, walaupun itu tidak terlalu jauh jaraknya dari rumah anda.

Dan jika sudah membaca tips diatas. Mulailah rencanakan liburan anda. Jangan lupa untuk memikirkan matang-matang segala sesuatunya.

**selamat berlibur..